Solidaritas Berbagai Elemen Gerakan di Kamisan ke-201

Direktur Walhi Jabar Dadan Ramdan menyampaikan orasi reflektifnya pada aksi Kamisan ke-201 di depan Gedung Sate, Bandung, Kamis (10/08). Sumber foto: Istimewa.

PembebasanBandung, 11 Agustus 2017 – Puluhan pemuda-pemudi berkumpul di depan Gedung Sate, Bandung, untuk melakukan aksi Kamisan Bandung yang ke-201, Kamis (10/08) sore. Aksi Kamisan kali ini terlihat berbeda dari Kamisan sebelumnya.

Aksi Kamisan kali ini membawa isu yang lebih luas. Tidak hanya tentang kejahatan HAM di masa lalu, tetapi mencakup semua kasus yang berkaitan dengan pelanggaran HAM terbaru.

Kondisi Kamisan yang kini berbeda itu diakui Koordinator Lapangan Kamisan Bandung Fakhru. Menurutnya, Kamisan Bandung sedang berusaha lebih inklusif, agar segala persoalan ketidakadilan dapat disuarakan.

“Kamisan Bandung terlihat berbeda saat ini. Karena mencoba untuk lebih inklusif, untuk menyuarakan semua persoalan ketidakadilan dan menjaring berbagai komunitas,” tutur Fakhru seusai aksi Kamisan ke-201.

Aksi dimulai dengan diam dan mengangkat payung hitam, khas aksi Kamisan. Kemudian dilanjutkan dengan orasi reflektif dari massa aksi yang hadir.

Refleksi dimulai oleh Direktur Wahana Lingkungan Hidup Jawa Barat (Walhi Jabar) Dadan Ramdan. Dalam refleksinya Dadan menyampaikan bahwa pembangunan di bawah sistem kapitalisme berakibat buruk terhadap ruang hidup rakyat, berakibat banyak terjadinya perampasan tanah dan penggusuran.

Kemudian refleksi dilanjutkan oleh perwakilan Solidaritas Rakyat untuk Demokrasi (Sorak) Yoga Zaraandritra. Yoga menyampaikan kasus penggusuran di daerah Kelurahan Kebon Jeruk, Bandung. Setelah Yoga, orasi dilanjutkan dengan refleksi dari Buli Ju, perwakilan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) Bandung. Ia mengecam berbagai penyelesaian pelanggaran HAM di Papua yang kunjung selesai bahkan diabaikan.

Rumah Lentera yang hadir pada Kamisan ke-201 pun turut menyampaikan refleksinya. Prima, perwakilan Rumah Lentera, menyuarakan tentang hak normatif dan hak politik kaum buruh yang kerap diremehkan oleh korporasi dan diberangus oleh negara.

Dalam kesempatan itu, Fakhru juga menyesalkan proses tindak lanjut penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM. “Untuk (penyelesaian, red.) kasus pelanggaran HAM, negara sempat membentuk Dewan Kerukunan Nasional, tetapi belum ada tindak lanjut. Dan permohonan penyelesaian kasus HAM masa lalu selalu ditolak oleh Kejaksaan Agung,” ujarnya.

 Harapan dalam Kamisan
Dalam kasi Kamisan kali ini, Fakhru mengharapkan solidaritas yang lebih luas dari berbagai komunitas.

Semoga, Fakhru berharap, ke depan akan lebih banyak lagi solidaritas yang bergabung di Kamisan. Karena aksi Kamisan ini ke depannya akan menjadi corong untuk menyuarakan pendapat bagi setiap kasus ketidakadilan yang terjadi, yang ke depannya akan terus berlangsung.

Harapan juga disampaikan oleh komunitas yang bersolidaritas pada aksi kemarin. Prima, misalnya, berharap agar Kamisan bisa menjaring lebih banyak solidaritas dari berbagai komunitas.

“Semoga aksi Kamisan ke depan bisa menjaring lebih banyak lagi komunitas. Karena aksi ini sangat penting sebagai alat kampanye untuk (mengingatkan kepada publik, red.) berbagai pelanggaran HAM,” ujarnya.

Aksi Kamisan ini dilakukan rutin setiap hari Kamis. Aksi ini bertujuan untuk mengampanyekan bahwa Indonesia masih belum bisa menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia, yang seharusnya menjadi tanggung jawab negara.

Aksi Kamisan kali ini ditutup dengan berbagai penampilan seni dari berbagai komunitas yang bersolidaritas. Aksi ini kemudian diakhiri dengan harapan agar negara mau bertanggung jawab atas berbagai kejahatan kemanusiaan di Bumi Pertiwi. (MR)

PEMBEBASAN Bandung

Mari Berteman:

1 komentar:

  1. Bosan dengan game yang tidak jelas? Dan Ingin game yang menarik ? silahkan kunjungi saja web kami di s1288poker terbaik, tercepat, teraman & terpercaya kami disini juga menyediakan berbagai game judi online yang tidak kalah serunya seperti Poker, Domino, Capsa , Ceme, ceme keliling dan live poker serta anda juga akan di temanin oleh CS kami yang ramah dan online 24jam (WA : 08122221680)

    BalasHapus