4 Prestasi Pemerintahan Maduro yang Ditutup-tutupi oleh Media Mainstream.

Foto diambil dari Noticias24.com

4 tahun lalu, seorang mantan sopir bus yang sederhana naik ke puncak pimpinan sebagai Presiden Venezuela.

Ia berambisi besar untuk melanjutkan Revolusi Bolivaria yang berhasil dilakukan pada masa kepemimpinan Hugo Chavez. Maduro berjanji untuk terus berusaha meningkatkan standar hidup rakyat miskin dan tertindas di Venezuela.

Tetapi semenjak  menjabat pada 2013 lalu, Maduro bersama program Revolusi Bolivariannya tak henti mendapat serangan dari oposisi sayap kanan yang dibekingi oleh Amerika. Hal ini lah yang menjadi penghambat bagi kemajuan program-program Pemerintahan Maduro.

Selama bertahun-tahun, pihak oposisi telah melancarkan berbagai serangan, di antaranya demonstrasi kekerasan, meyebarkan berita bohong, manipulasi mata uang, penimbunan makanan dan menyerukan intervensi internasional untuk merongrong Revolusi Bolivarian.

Media mainstream menggambarkan bahwa oposisi adalah gerakan demokratik yang cinta damai. Mereka menceritakan banyak narasi palsu tentang Pemerintah.

Kantor berita CNN dan Fox bahkan menuduh Pemerintah bertanggung jawab atas segala tindak kekerasan di jalanan yang sebenarnya dilakukan oleh pihak oposisi. Media-media tersebut mengenyampingkan prestasi sosial yang telah diraih demi membuat kesan Maduro tidak layak untuk memimpin Venezuela.

Ditengah gempuran dari oposisi, nyatanya Venezuela di bawah pemerintahan Maduro tetap mampu meraih berbagai kemajuan sosial. Berikut ini 4 kemajuan sosial yang berhasil diraih pemerintahan Maduro namun dihiraukan oleh media mainstream barat.

Layanan Kesehatan

Semenjak menjabat, sistem layanan kesehatan gratis menjadi salah satu prioritas utama Maduro.

Di bawah pemerintahannya, Venezuela memperluas cakupan layanan kesehatan gratisnya menjadi lebih dari 60 persen dari total populasi, data ini diungkapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk Kesehatan di negara tersebut. Presiden Venezuela juga telah memberikan perawatan kesehatan gratis kepada penduduk di wilayah yang secara historis miskin seperti Amazonas, Bolivar dan Delta Amacuro.

Pada bulan Maret lalu, pemerintah meluncurkan kebijakan untuk menaikan gaji dokter sebesar 50%. Ini guna meningkatkan profesionalitas serta kinerja para dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Awal tahun ini, United Nations Development Programme (UNDP) menempatkan Venezuela di antara negara-negara dengan Indeks Pembangunan Manusia tertinggi, melebihi sebagian besar negara Amerika Latin. Selain itu menurut data WHO Sejak 2013, Venezuela juga telah berhasil menekan angka kematian bayi, tingkat penyakit HIV / AIDS.

Perumahan Rakyat

Pada bulan Januari lalu Pemerintah mengumumkan keberhasilannya dalam mencapai target menyediakan 14 juta rumah baru bagi rakyat. Perumahan ini dibagi menjadi 2 kategori, yakni rumah gratis dan rumah murah, tergantung pada kemampuan rakyat. Proyek ini sejak awal melibatkan rakyat dalam proses pembangunannya. Pemilik rumah juga nantinya memiliki  605 wewenang dalam proses perencanaan kota.

Sebulan sebelumnya, Maduro mengumumkan rencana untuk meluaskan program perumahan publik Venezuela dengan menciptakan rumah bagi korban topan dari Kuba dan Haiti, menurut Kementerian Perumahan dan Lingkungan negara tersebut.

Sejak Januari, Kementerian Perumahan dan Lingkungan telah membangun ribuan unit perumahan umum di daerah terpencil di seluruh negeri.

Venezuela saat ini memiliki tingkat terendah kedua angka tunawisma di Amerika Latin, dengan persentase hanya 6,68% laporan Habitat for Humanity. Peru memiliki tingkat terendah tunawisma di wilayah ini dengan presentase 5,6 %.

Pendidikan

Maduro, yang secara aktif mendukung gerakan mahasiswa Venezuela melawan neoliberalisme selama tahun 1980-an, telah membuat langkah penting dalam bidang pendidikan.

Presiden Venezuela telah secara signifikan mengembangkan program Canaima di negara itu, sebuah kampanye untuk meningkatkan pendidikan literasi dan teknologi komputer yang didirikan oleh Chavez pada tahun 2009. Pemerintahan Maduro telah menyediakan lebih dari 4.800.000 komputer dan lebih dari 100 juta buku teks teknologi untuk pelajar di seluruh negeri.

Meskipun mengalami kesulitan ekonomi negara selama tiga tahun terakhir, lebih dari 20.000 sekolah telah menerima peralatan komputer baru.

Maduro juga telah melibatkan jutaan orang ke dalam program transportasi, musik, seni, olahraga dan budaya gratis di sekolah-sekolah di seluruh negeri.

Kebijakan pendidikan progresif Maduro membuat Venezuela berada di urutan keenam di dunia dalam hal pendaftaran pendidikan dasar dan telah meningkatkan jangkauan pendidikan menengahnya menjadi 73% dari total populasi. Kebijakannya juga membuat Venezuela menjadi negara dengan tingkat melek huruf tertinggi di Amerika Latin, berdasarkan data PBB presentasenya mencapai 95,4%.

Hak Sipil

Maduro juga telah membuat kemajuan luar biasa dalam menjamin hak-hak sipil dari sektor masyarakat Venezuela yang tertindas secara historis, seperti perempuan, Afro-pribumi  dan komunitas LGBTQ. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Sejak 2013, Maduro telah menganggarkan dana untuk Kementerian Perempuan dan Kesetaraan Venezuela untuk menyediakan sarana seperti tempat penitipan anak, pelayanan medis, pelatihan kerja dan pendidikan politik. Lalupada 2014, dia menunjuk Delcy Rodriguez, seorang politikus dan anggota aktif gerakan feminis Venezuela, untuk memimpin Kementerian Luar Negeri negara tersebut.

Seiring dengan memberi masyarakat adat dan warga kulit hitam hak politik yang penting, dia juga telah menciptakan institusi seperti Pusat Penelitian dan Ilmu Pengetahuan Afrika dan Kementerian untuk Penduduk Asli / Masyarakat Adat.


Selain itu pemerintahan Maduro juga menjamin hak-hak kaum LGBTQ. Pada tahun 2016, Mahkamah Agung Venezuela menyatakan bahwa negara akan memberikan perlindungan tanpa perbedaan kepada semua keluarga, termasuk kepada anak-anak yang lahir dari keluarga dengan jenis kelamin yang sama. Pada tahun yang sama, Kementerian Luar Negeri Venezuela mengumumkan bahwa orang transgender dapat meminta kartu identitas baru sesuai dengan identitas gender mereka. Banyak usaha telah dilakukan untuk menjamin hak-hak, orang-orang Afro-Pribumi dan komunitas LGBTQ.

Diterjemahkan dari Telesurtv.net oleh Cakrawala Pradana


PEMBEBASAN Bandung

Mari Berteman:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar